Merdeka.com - Hasil survei bertajuk Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions memberi gambaran, makin banyak konsumen Indonesia yang mengalokasikan dananya untuk menabung.
Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy mengatakan, konsumen Indonesia yang mengalokasikan dana cadangan untuk menabung pada kuartal III 2013, meningkat lima poin dibanding kuartal sebelumnya.
"Di Indonesia, tiga dari empat konsumen mengalokasikan dana cadangan mereka untuk menabung atau meningkat menjadi 76 persen dan 24 poin di atas rata-rata global yang 52 persen," ujar Catherine melalui siaran persnya yang diterima merdeka.com, Sabtu (2/11).
Tidak hanya orang Indonesia, konsumen di Vietnam juga makin banyak yang gemar menabung. Konsumen Vietnam yang gemar menabung naik menjadi 72 persen. Begitu pula dengan Thailand yang meningkat menjadi 68 persen, Singapura yang naik jadi 64 persen. persen. Sebaliknya, di Filipina justru turun tiga poin menjadi 67 persen, dan Malaysia turun empat poin menjadi 57 persen.
Catherine menuturkan, konsumen di Asia Tenggara berada di urutan teratas dalam hal menabung. Langkah mereka menyalurkan kelebihan dana untuk menabung juga menjadi hal pertama yang dilakukan konsumen, setelah mereka menutup biaya hidup utama.
"Di luar kepercayaan diri mereka, konsumen masih mengindikasikan mereka siap untuk mengalokasikan sebagian dari dana cadangan mereka untuk liburan, teknologi baru dan berinvestasi dalam saham dan reksa dana," kata Catherine.
Dalam satu tahun terakhir, konsumen di Asia Tenggara telah mengubah kebiasaan belanja untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Bahkan, 90 persen konsumen di Thailand dan Vietnam memperlihatkan kecenderungan kuat untuk mengekang pengeluaran rumah tangga.
"Tingkat tertinggi yang tercatat secara global dalam survei Nielsen dan 26 poin lebih tinggi dari rata-rata global yang 64 persen; diikuti oleh Indonesia sebesar 82 persen, Filipina 80 persen, Malaysia 79 persen dan Singapura 62 persen," jelas Catherine.
Area-area yang diindikasikan akan dikurangi untuk menghemat pengeluaran rumah tangga, menurut Catherine, salah satunya fashion dan hiburan di luar rumah. "Konsumen di Vietnam memiliki kecenderungan tertinggi untuk mengurangi belanja pakaian baru yakni sebesar 62 persen, diikuti oleh Malaysia 61 persen dan Filipina 61 persen," ucapnya.
Konsumen Vietnam juga mengindikasikan kecenderungan tertinggi untuk mengurangi hiburan di luar rumah yakni 60 persen, diikuti oleh Thailand 57 persen dan Malaysia 52 persen.
Analisa:
Menabung itu hal yang sangat tepat untuk orang Indonesia. Ketika semua harga melambung naik dengan ada tabungan maka ada cadangan uang . pengeluaran yang tidak terlalu penting seharusnya dikurangin .
Sumber http://www.merdeka.com/uang/makin-banyak-orang-indonesia-rajin-menabung.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar