yayasan Lembaga Konsumen Indonesia disingkat YLKI adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1973. Tujuan berdirinya YLKI adalah untuk meningkatkan kesadaran kritis konsumen tentang hak dan tanggung jawabnya sehingga dapat melindungi dirinya sendiri dan lingkungannya..
Pada awalnya, YLKI berdiri karena keprihatinan sekelompok ibu-ibu akan kegemaran konsumen Indonesia pada waktu itu dalam mengonsumsi produk luar negeri. Terdorong oleh keinginan agar produk dalam negeri mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia maka para pendiri YLKI tersebut menyelenggarakan aksi promosi berbagai jenis hasil industri dalam negeri.
Tugas-tugas YLKI :
Bidang
kegiatan utama lembaga ini adalah perlindungan konsumen, di samping bidang
lainnya seperti kesehatan, air bersih dan sanitasi, gender, dan hukum sebagai
penunjangnya.dll. Bidang-bidang ini dilaksanakan terutama dalam bentuk studi,
penelitian, survai, pendidikan dan penerbitan, advokasi, seminar, pemberdayaan
masyarakat konsumen, dan pengembangan dan pendampingan masyarakat.
Lembaga
ini merupakan anggota Jaringan Kerja WALHI, YAPPIKA, HIV-AIDS, LM3, Consumers
International, Pesticide Action Network, Health Action, Sustainable
Transportation of Asia Pasific. Wilayah kerjanya berskala nasional
http://www.mediaylkihss.org/2012/06/yayasan-lembaga-konsumen-indonesia-ylki.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar